10 Spot di Rumah untuk Taman Sayuranmu


https://i0.wp.com/dekoruma.blog/wp-content/uploads/2018/03/homedit.jpg?fit=750%2C500&ssl=1








Apakah rumahmu tidak memiliki ruang terbuka untuk bertanam padahal kamu ingin sekedar menanam sayuran atau tanaman obat? Untuk membantumu mewujudkan kebun sayuran minimu, berikut kami mengumpulkan inspirasi kreatif penanaman sayuran di spot-spot rumah yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.


1. Halaman Depan

Kebun sayuran di halaman depan tidak hanya akan memberi tampilan segar tapi juga menguntungkan. Halaman depan minimal memiliki satu sisi yang terbuka sehingga tanaman pasti mendapat cahaya. Tentu saja kamu juga harus memastikan seberapa banyak halaman depanmu mendapat cahaya sehingga kamu bisa menentukan jenis sayuran yang tepat untuk ditanam.

Balkon yang berada di lantai atas mendapat lebih banyak cahaya dibanding di lantai bawah. Kamu bisa meletakkan pot atau kontainer isi tanaman sayuranmu didekat pagar balkon atau kamu bisa memanfaatkannya sebagai pagar itu sendiri. kamu bisa mencampurnya dengan tanaman bunga sehingga kebunmu lebih berwarna dan cantik. Kebun sayuranmu bisa menjadi spot relaxing kecil dengan meletakkan bangku santai di sini.

3. Pocket-Garden

Kamu bisa menempatkan kebun sayuranmu di spot-spot kecil di sekitar rumah yang terkena cahaya matahari. Contohnya seperti di teras samping rumah ini. Desainer lansekapnya menanam tomat dan membiarkannya merambati teralis yang didesain cantik. Ketika tomat sudah memerah akan terlihat semarak seperti bunga.

4. Menyatu dengan Bangku Taman

Desainer lansekap Scot Eckley membuat bangku di patio rumah ini menyatu dengan box kontainer yang bisa ditanami sayuran. Pemilik rumah bisa bebas memilih mau memaksimalkan sayuran dengan meminimalkan dudukan atau meminimalkan sayuran dengan memaksimalkan dudukan bangku.








5. Di Bawah Naungan Tanaman Lain

Kalau kamu punya tanaman besar di pot yang bagian dasarnya tanah terbuka, kamu bisa memanfaatkan ruang ini dengan menanaminya dengan sayuran juga seperti selada atau seledri. Cara ini mirip sistem tumpang sari, hanya saja di dalam pot.


6. Kebun Vertikal

Kamu bisa menempelkan pot atau kontainer lain ke dinding rumah yang terakses cahaya matahari dan menanaminya dengan sayuran berakar pendek. Misal dinding dapurmu, kamu bisa menanaminya dengan seledri, daun bawang, kucai, atau selada sehingga ketika kamu membutuhkannya untuk memasak kamu bisa langsung mendapatkannya dari dekat. 


https://mitalom.com/wp-content/uploads/2017/06/Gambar-19-Berkebun-Vertikal-Menggunakan-Kaleng-Bekas-di-Tembok-Rumah.jpg


Atau jika dinding yang terkena cahaya matahari di samping carport, kamu bisa memasang kontainer yang memanjang seperti talang air. Pada contoh ini, pemilik memasang kontainernya miring sehingga lebihan air yang disiram di kontainer atas bisa mengalir ke kontainer bawahnya dan seterusnya.



https://cdn.idntimes.com/content-images/post/20170614/vertical-vegetable-garden-ideas-17-1-cfb7962566a93cf895016fa0447e4899_600x400.jpg


7. Di Pinggir Trotoar

Jika rumahmu terletak di pinggir jalan bertrotoar, kamu bisa menanami lahan terbukanya dengan sayuran, asal memang diperbolehkan dan kamu tidak segan membaginya dengan tetangga. Jangan lupa kamu juga harus bertanggung jawab membersihkan daun atau buah yang jatuh ke tanah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages